PERINTAH AGUNG


Ayolah anjing-anjing
menggigit
menggonggong
menjilatlah 
untuk aku majikanmu

Ayolah badut-badut

melawak
membanyol
meluculah
untuk aku tuanmu

Hei...kamu !

Iya kamu...!
kamu dan kamu..
dengarkanlah SEPULUH SABDA


jadilah pelayan yang sungkan melawan
jadilah buruh yang tak enggan disuruh
jadilah budak yang tak berontak
jadilah hamba yang setia
jadilah kuli yang mengabdi
jadilah babu yang lugu
jadilah batur yang mudah diatur
jadilah jongos yang polos
jadilah pesuruh yang tak pernah kisruh
jadilah kacung yang tak pernah untung

Ringkasnya !
jadilah bedebah yang selalu pasrah

Teriakanlah kata: ya ! ya ! ya !
untuk semua perkataanku...
aku...aku...aku...tuanmu
satu kali lagi...tuanmu

Eh...untuk kamu-kamu...
si lidah panjang
si bibir manis
si mulut madu
si muka jelita
kawanan para penjilat
gerombolan pencari muka

aku perlu kamu-kamu
aku harus membesarkan egoku
sebesar-besarnya...sehingga yang lainnya
jadi imut-imut kaya semut.

Sehingga, aku...aku...aku...akulah
yang maha besar dan maha benar
aku...semakin melar membesar
kalian semakin kecil-mungil dan kerdil

Marilah datang kepadaku
semua kamu yang polos dan lugu
aku akan menjadikanmu sebagai jongos setiaku,
kacung kepercayaanku, yang selalu tunduk bak putri malu.

(*MM*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGKHOTBAH DAN BUDAK-BELIAN, NYANYIAN PARODI

RIWAYAT HIDUP DAN KARYA AUGUST FRIEDERICH ALBERT HARDELAND

MENGENANG BETHABARA