𝐆𝐄𝐃𝐔𝐍𝐆 ππˆπŽπ’πŠπŽπ 𝐏𝐀𝐍𝐀𝐋𝐀 𝐓𝐇𝐄𝐀𝐓𝐄𝐑 (2)


Gedung Bioskop Panala tidaklah dirancang dan dibangun oleh warga sipil, tetapi dirancang dan dibangun oleh para anggota TNI Angkatan Darat  Kodam/XI Tambun Bungai, secara khusus dari Detasemen Zeni Bangunan (Denzibang).

Dalam buku Pantjawarsa Supersemar yang diterbitkan pada tahun 1972 dilaporkan bahwa hingga tahun 1971,  telah dilakukan “Operasi Bhakti”  yaitu dalam usaha membantu mensukseskan pelaksanaan Pelita Daerah, Kodam XI/Tambun Bungai telah melaksanakan beberapa Projek Daerah dengan hasil antara lain:

  1. Gedung Bioskop 'PANALA THEATRE".
  2. Gedung Wanita dimana pembiayaanya dipikul bersama antara Kodam XI/Tambun Bungai dengan Pemerintah Daerah.
  3. Gedung "OPERATION-ROOM" PEMDA. masih dalam taraf pelaksanaan.
  4. Gedung Sanggar Pramuka, masih dalam taraf penjelesaian.
  5. Gedung Mesdjid, masih dalam taraf penjelesaian.
  6. Gedung Perpustakaan "TAMBUN BUNGAI".

Laporan yang disampaikan oleh Kol. Infantri J.M. Soerachman itu senada dengan laporan yang disampaikan oleh Waldus Sandy pejabat Wali Kota Kepala Daerah Palangka Raya pada waktu itu.  Waldus Sandy melaporkan bahwa “…sebuah gedung bioskop dan juga sebuah gedung perpustakaan telah didirikan” (Pantjawarsa Supersemar, halaman 638).

Dari data tersebut kita dapat mengetahui bahwa awal pembangunan Gedung Bioskop Panala adalah sekitar tahun 1970-an dan sudah selesai pada tahun 1971 seiring dengan pembangunan 5 bangunan gedung lainnya.

Mungkin setelah selesai dengan  pembangunan gedung, “pihak tentara“ tetap ikut dalam urusan bisnis bioskop. Dari penuturan nara sumber, beberapa para petinggi militer pada waktu itu memiliki semacam tanda masuk gratis atau “free pass” sehingga dapat menonton dengan tanpa membayar. Tanda masuk itu terkadang dipinjamkan kepada saudara atau teman. Mereka ini bukanlah anggota tentara, namun karena memegang “free pass tentara” maka mereka dapat masuk ke gedung bioskop dengan leluasa. [*MM*] -------BERSAMBUNG

CATATAN: SAYA TIDAK MENGIZIN SIAPAPUN UNTUK MENERBITKAN TULISAN SAYA INI DI MEDIA MANAPUN, ATAU MENGALIHKANNYA KE BERBAGAI MEDIA LAIN MISALNYA YOU TUBE, TIK-TOK, INSTAGRAM DLL.. SILAKAN SHARE ATAU BERBAGI DENGAN MENEKAN TOMBOL SHARE.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGKHOTBAH DAN BUDAK-BELIAN, NYANYIAN PARODI

RIWAYAT HIDUP DAN KARYA AUGUST FRIEDERICH ALBERT HARDELAND

MENGENANG BETHABARA